RSS
Write some words about you and your blog here
Selamat Datang Di My Diary. Di sini kalian bisa tau semua pengalaman2 seruhku. Kalian juga bisa berbagi pengalaman di sini..................

Kisah di balik Ramadhan dan Lebaran Ku

Hari ini hari Rabu, tepat pada tanggal 31 Agustus 2011. Hari kemenangan bagi umat muslim yang merayakannya walaupun ada juga yang sudah merayakan pada hari kemarin dan hari esok. Tapi apapun perbedaannya, asalkan bukan hal yang bid’ah. Baju baru, silaturrahmi, maaf-memaafkan sampai pada hidangan khas lebaran yang disajikan di atas meja tidak terlepas dari tradisi Idul Fitri.


Oh iya... Lebaranku kali ini agak terasa berbeda dari lebaran tahun lalu. Sedikit kecewa dan penyesalan yang tentunya saya rasakan di Hari yang Fitri ini. Mau tau kenapa...??? bagi yang gak mau tau, ya uda bacanya gak usah di lanjut. Hehehehe..... Just Kidding. Pokoknya baca aja sampe abis. Ok....

Mulai dari mana ya ceritanya...... bingung... soalnya abis shalat ied saya tidak langsung makan ketupat atau buras, Cuma air dan kue kering saja. Jadiya perut jadi takbiran juga. Alhasil, nulisnya juga gak konsen. Ntar saya ceritakan kenapa itu bisa terjadi kepada diriku ini. Hahaha... lebay mode on...

Bulan Ramadhan yang baru saja pamit dari kita semua tentunya diwarnai dengan shalat tarwih berjamaah supaya Ramadhannya lebih afdol. Tapi... jujur saja Ramadhan tahun ini tarwih ku Cuma 4 kali. Hehehe... memalukan ya, masa kalah am anak cecil. Tapi itu bukan tanpa alasan loh. Saya jarang shalat tarwih dikarenakan saya pulang malam terus dari kantor. Tiada hari tanpa lembur. Kadang saya punya waktu luang shalat tarwih, tapi karena kecapean yang luar biasa, tarwihnya saya batalkan. Dari pada bukannya shalat tapi mala ketiduran sambil sujud. Hahahaha..... kan gak lucu....

Mungkin kalian semua bertanya, kenapa saya lembur terus di kantor padahal kalau Bulan Ramadhan kan jadwal pulangnya lebih awal. Hmm..... beginilah kalau kita bekerja di perusahaan swasta, tapi tidak semua sih. Apa lagi baru2 ini saya ditempatkan dilokasi proyek yaitu di Samata. Jadi kalau pulang dari sana perjalanan kan agak panjang tuh, trus tidak langsung pulang ke rumah, saya harus stor muka dulu di kantor supaya bos tidak mengira saya bolos, gitu loh mas...


Naah... tiba dikantor, waktu buka kan uda dekat, jadi tanggung kalau pulang ke rumah, jadinya saya mesti buka puasa di kantor bersama dengan OB, kadang juga am bos. Hehehe... biar cari muka.

Itulah kenapa Ramadhan ku berlalu begitu saja tanpa konsen pada ibadah sunnah. Penyesalan tentunya saya rasakan, tapi apa mau dikata. Semoga aja Ramadhan tahun depan saya bisa lebih fokus lagi am ibadah. Kalau masih diberi umur panjang. Amiiin...

Allahu Akbar... Allahu Akbar... Allahu Akbar... Walilla Ilham... Takbir menggema di awal minggu ke V bulan Agustus 2011. Tepat pada hari Senin tanggal 29 Agustus 2011. Waktu itu malam takbiran. Semua orang bingung dengan penuh tanya, “kapan mulai lebaran, tgl 30 atau 31..?” ada yang bilang tanggal 30, tapi ada juga yang beranggapan tanggal 31. Belum ada kejelasan dari pemerintah. Yang membuat bingung lagi, dan tentunya memunculkan tanda tanya yang besaaaar sekali, 


“Eh besok masih puasa atau uda tidak lagi?, besok kan tanggal 30 sudah masuk 1 syawal, jadi gak boleh puasa dulu. Loh artinya kalau gitu puasa kita cuma 29 dong..?, gimana sih ini pemerintah ngasi jadwal tidak pasti kayak gini, belum lagi pengumuman dari mereka belum ada”


Begitulah kira-kira percakapan kebanyakan orang, jadi ada sebagian orang termasuk saya memilih untuk tidak puasa keesokan harinya. Tepat pada tanggal 30 Agustus 2011 warga Muhammadiya lebih dulu berlebaran. Dan akhirnya tiba juga pengumuman pemerintah kalau 1 Syawal dan lebaran jatuh pada tanggal 31 Agustus 2011. Wah... artinya masih bisa puasa dong tanggal 30, padahal saya uda gak sahur malamnya. Wuiihh... benar2 tiba masa tiba akal.

Ditambah lagi mama saya di hari lebaran ini tidak membuat buras tapi Cuma ketupat, karena memang saya lebih suka makan buras dari pada ketupat. Dan yang lebih mengecewakan semua ketupat yang mama saya buat basi tanpa ada yang bisa dimakan. Untuk mengganjal perut saja saya Cuma buat sirup dan makan kue kering. Tapi lumayanlah dari pada tidak ada sama sekali.
Apa boleh buat, tapi jangan katakan apa boleh buat, tapi buat apa yang boleh dibuat. Kan saya bisa sikat makanan teman-teman kalau saya pergi silaturrahmi ke rumah mereka. Hahaha.... siap-siap saja

Jadi kesimpulannya Ramadhan dan lebaran kali ini gak berasa sama sekali. Hehehe... tapi bukan itu yang menjadi penilaian tapi keikhlasan kita menjalani hari kemenagan ini. Dikatakan hari kemenagan kan jika semua cobaan di Bulan Ramadhan dan Idul Fitri ini bisa kita sikapi dengan sikap mental positif. Bukan begitu kawan-kawan....???

So.. Selamat Hari Raya Idul Fitri 1432 H. Minal Aidin Walfaidzin, mohon maaf lahir dan batin.....


Makassar, 31 Agustus 2011

0 komentar:

Posting Komentar